spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ketua DPRD Ajak Masyarakat Berpartisipasi Dalam Pemilu 2024

SAMARINDA – Pelaksanaan Pemilu 2024 sudah dekat. Ketua Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Kaltim Hasanuddin Mas’ud mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi tersebut.

Menurutnya, seluruh elemen masyarakat memiliki peranan penting agar Pemilu 2024 berlangsung damai. Yang tak kalah penting lagi katanya, partisapasi masyarakat untuk ikut memilih.

Politisi Golkar ini mengatakan, angka golput harus ditekan, mengingat Pemilu 2024 akan dilakukan secara serentak, yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Ia menilai, penyebab golput pada pemilu antara lain persoalan administrasi, yakni mereka yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap. Masalah teknis yang disebabkan mencoblos tidak pada yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu. Misalnya mencoblos dua nama dan lainnya sehingga menyebabkan surat suara tidak sah.

Selain itu, masalah ekonomi dan psikologi juga menjadi dua faktor penting yang menyebabkan tingginya angka golput.

“Misalnya pada hari pemilu ada yang harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, atau seperti petani yang harus ke ladang. Sedangkan TPS-nya jaraknya cukup jauh. Rasa apatis juga menjadi salah satu alasan,” urainya.

Baca Juga:   Raperda Trantibum Siap Uji Publik, Paparkan Aturan dan Sanksi demi Ketertiban

Secara khusus ia mendorong penyelenggara pemilu dan seluruh pihak yang terkait, untuk lebih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas terkait urgensi keterlibatan pada pemilu 2024. Serta membuat terobosan dan strategi, guna menarik minat masyarakat.

“Salah satunya dengan memberikan edukasi khususnya pada calon pemilih baru,” pungkasnya. (adv/dprd kaltim/rp)

BERITA POPULER