spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPC Gerbang Tani Kabupaten Paser Segera Dilantik

PASER – Selepas terbentuk Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (DPC Gerbang Tani) Kabupaten Paser periode 2021-2026 akan segera dilantik.

Pelantikan akan berlangsung awal Desember 2022, berdasarkan kesepakatan pengurus di Hotel Kyriad Sadurengas, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot oleh perwakilan dari Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerbang Tani.

“Pelaksanaannya dalam minggu ini. Nantinya yang hadir dari pengurus nasional dan pihak terkait,” kata Ketua DPC Gerbang Tani Kabupaten Paser, Sukran Amin saat dihubungi, Rabu (30/11/2022).

Sukran menjelaskan, Gerbang Tani merupakan organisasi yang mewadahi petani dan nelayan untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Untuk Paser, kepengurusan organisasi yang didukung oleh Kementerian Pertanian ini baru terbentuk pada 2021.

“Mudah-mudahan dengan adanya Gerbang Tani ini bisa meningkatkan martabat dan taraf hidup petani, nelayan serta peternak di Paser agar semakin hari semakin baik,” ucapnya.
Lebih lanjut, keberadaan Gerbang Tani diharapkan dapat menjadi jembatan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan petani. Pasalnya, banyak sekali program pemerintah baik pusat maupun daerah yang sangat membantu peningkatan pendapatan bagi petani.

Baca Juga:   76 Paket Sabu Asal Samarinda Gagal Edar di Paser

Apalagi kedepan, sesuai Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023, Pemkab Paser akan fokus pada pengembangan industri pengolahan pertanian. Hal ini selaras dengan hadirnya Gerbang Tani, namun harus mendapat dukungan dari semua elemen.
“Sekarang tinggal menyusun rencana program Gerbang Tani. Semoga organisasi ini tidak hanya sebagai simbol atau organisasi temporer semata. Program kami selaras dengan rencana daerah,” ungkapnya.

Pengurus yang akan dilantik sebanyak 30 orang. Kegiatan itu juga akan dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2014-2019, Muhammad Hanif Dhakiri dan Ketua Dewan Pembina Gerbang Tani Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin via zoom. (bs)

BERITA POPULER