spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sinta dari Pramugari, Terbang ke DPD RI Dari Kaltim Dengan Peroleh Suara Terbanyak

PASER – Dulunya seorang pramugari maskapai Garuda Indonesia, kini Sinta Rosma Yenti terbang ke tujuan baru, menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur (Kaltim).

Istri politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fahmi Fadli itu meraih suara terbanyak. Berdasarkan pleno hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Sinta memperoleh 219.819 suara, mengungguli petahana Aji Mirni Mawarni.

Wanita kelahiran 3 Maret 1992 itu mengaku awalnya tak terlalu diperhitungkan dalam kontestasi DPD RI Dapil Kaltim. Bahkan, dikatakannya dari beberapa lembaga survei, dia diprediksi hanya mampu bertengger di urutan 6 atau 7 dari 20 calon yang bersaing.

Pasalnya, Sinta tergolong pendatang baru dan harus bersaing dengan nama-nama besar di Kaltim. Selain petahana, juga ada mantan kepala daerah. Dia memperkirakan perolehan suaranya berada di posisi 3 atau 4 sudah sangat baik.

“Tapi ini nomor satu, alhamdulillah sebuah capaian sangat luar biasa,” ucap Sinta Rosma Yenti.

Melenggang dan berpeluang besar dilantik pada Oktober mendatang, dikatakan Sinta bermula dari dorongan suami yang juga bupati Paser yang mengingkannnya untuk maju. Hingga akhirnya mendaftarkan diri dan ikut dalam kontestasi DPD RI Pemilu 2024.

Baca Juga:   Operasi Pasar Atasi Inflasi di Paser Sejalan Arahan Presiden Joko Widodo

Pada dasarnya Sinta senang melayani masyarakat. Dia menuturkan latar belakangnya sebagai awak kabin profesional juga tak lepas dari memberikan pelayanan kepada penumpang. Meski begitu, diterangkannya tetap terdapat perbedaan dan awalnya sempat jadi kendala.

Dia bilang, pramugari biasa melayani penumpang. Namun jika untuk masyarakat luas tak sekadar melayani, tapi juga harus memahami karakteristik warga dan terjalin ikatan emosional yang kuat. “Jadi satu kendala suh juga waktu itu,” ungkapnya.

Menilik ke belakang, pada Pemilu 2019 Sinta sempat mencoba peruntungan di DPRD Paser dari Dapil IV. Hanya saja dia belum beruntung. Katanya, kegagalan saat itu dijadikannya tonggak semangat dan pelecut untuk tak kembali gagal pada kontestasi Pemilu.

“Sejak saat itu saya semakin banyak belajar mengenai politik kepada bapak (Fahmi Fadli) dan bagaimana caranya agar masyarakat memilih kita,” jelas Sinta.

Raihan suara Sinta jika dirincikan dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, untuk di Paser meraih 87.680, Kutai Kartanegara 24.414, Berau 7.897, Kutai Barat 3.422, Kutai Timur 11.941, Penajam Paser Utara 13.916.

Baca Juga:   3 Petugas Pemilu 2024 di Paser Meninggal Dunia

Kemudian Kabupaten Mahakam Ulu 630 suara, Kota Balikpapan mengantongi 42.077 suara, Samarinda 25.865, dan Bontang 1.977. Melenggangnya Sinta ke DPD RI juga kali perdana ada yang berasal dari warga Kabupaten Paser.

“Alhamdulillah terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan suaranya kepada saya. Ini berkat perjuangan kita semua,” tutup Sinta.

Sekadar diketahui, Sinta Rosma Yenti malang melintang di dunia maskapai penerbangan sejak 2010 hingga 2019. Mulai pramugari Lion Air, Batik Air, Nam Air hingga terakhir berkarir di Garuda Indonesia.

Pewarta: TB Sihombing

BERITA POPULER